Kepala Desa Boni : Tanggungjawab kita menjadi ujung tombak Kemajuan, Tugas kita adalah menciptakan kesejahteraan masyarakat Desa.

  • Whatsapp

“Kepala Desa Boni : Tanggungjawab kita menjadi ujung tombak Kemajuan, Tugas kita adalah menciptakan kesejahteraan masyarakat Desa”

PENA-EMAS.COM. Seluruh kandungan potensi Desa akan digali untuk menopang kemajuan dan peningkatan kualitas hidup ekonomi masyarakat.

Bacaan Lainnya

Potensi Desa yang memiliki Alam, budaya, lahan, dan Laut sebagai sumber daya untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat sudah ada dan menjadi dasar kita guna memajukan Desa.

Yang perlu dan harus kita butuhkan adalah niat, keinginan dan rasa tanggungjawab kita untuk berperan bersama, memanfatkannya guna merubah pola dan peningkatan kesejahteraan kedepan selama enam tahun masa bakti.

Kades Boni Dominggus Fanggi,SH. Menandatangani Berita acara

Hal di sampaikan Kepala Desa Boni periode 2021-2017 Dominggus Fanggi,SH. usai kegiatan serimonial serah Terima jabatan dari Pj Kepala Desa Boni di Kantor Desa Boni Kamis (11/03/2021) sekitar pukul 12:00 siang.

Kepada Crew Media, Mantan Pj. Kepala Desa Kuli ini mengatakan, Desa sebagai ujung tombak kemajuan di daerah. Karenanya, di era kepemimpinannya 6 tahun kedepan dirinya meletakan kepercayaan masyarakatnya sebagai dasar untuk bersama membangun secara bersama sama dalam berbagai tujuan kemajuan Desa.

Menurutnya, seluruh sumber daya yang ada di Desa Boni akan menjadi kekuatan baginya bersama masyarakat untuk mengelolahnya menjadi daya dorong kemajuan. Baik potensi Budayanya, Alam, Pertanian dan Kelautan sangat menjanjikan bagi kemajuan Desa.

Selanjutnya, dalam penyelenggaraan pemerintahan, pengelolaan keuangan dan pendistribusian kegiatan pembangunan di Desa dilakukan secara transparan dan mengutamakan asas keadilan sebagai kerangka membangun Desa Boni yang bebas dari rantai KKN. Janjinya.

Selain itu untuk memutuskan rantai KKN dan Nepotisme politik, unsur individual keberpihakan terhadap kelompok sebagai dampak dari Pilkades dalam esensinya dengan pembangunan, dirinya tertekad tertindak transparan dengan masyarakat.

“ Tidak ada Buku Sakti, tidak ada dokumen rahasia Negara. Yang ada dokumen negara dan keterbukaan kepada masyarakat bukan dokumen Rahasia Negara” Ujarnya.

Menurut Dominggus Fanggi, Seluruh keuangan Desa, APBDes dikelolah secara terbuka untuk kepentingan masyarakat Desa Boni. Untuk itu pihaknya. Baik RT,RW,aparat Desa dan BPD selalu bergandengan tangan, berkerja bersama tanpa ada perbedaan.

Untuk menjamin transparansi dan jalannya kegiatan pembangunan desa yang terbuka bagi masyarakat, Pemerintah Desa Boni akan meminta dukungan Camat, Dinas PMD dan Bupati untuk mendapatkan pendampingan pihak Inspektorat dan Kejaksaan terkait fungsi pengawasan melekat. Tandasnya.

Sementara dalam sambutan serah terimanya, Dominggus Fanggi menyampaikan bertemikasih kepada Bupati Rote Ndao, Dinas PMD, Camat Loaholu, Pj Kepala Desa Boni dan semua perangkatnya, BPD, dan panitia Pilkades 2020 atas peran dan kerja kerasnya menghasilkan terpilihnya Kepala Desa Boni periode 2021-2027.

Selanjutnya. Ia meminta kepada semua komponen masyarakat Desa Boni, dengan dilaksanakannya serah terima jabatan kepala Desa Boni definitif ini tidak ada lagi calon Kepala Desa atau orang nomor 1,2,3, dan 4 di lingkup masyarakat Desa Boni yang ada adalah harapan dan mari kita semua bahu membahu membangun desa Boni lebih baik dari sebelumnya. Katanya. Optimis.

Foto Bersama: Kepala Desa Dominggus Fanggi,SH dan Pj. Kades Hendrik Kanawadu yang setelah serah terima maka akan kembali bertugas sebagai Sekretaris Desa Boni (PNS)

 

Sementara Pj. Kepala Desa Boni Hendrik Kanawadu dalam sambutan singkatnya. Ia menjelaskan, sejak dilantik sebagai Pj. Kepala Desa Boni untuk masa jabatan September 2020 sd 15 Maret 2021, Telah menjaga dan merawat dengan baik seluruh asset Desa Boni.

Untuk itu. lanjutnya apabila setelah diserahterimakan kepada Kepala Desa yang baru dalam pemeriksaannya terdapat asset atau ditemukan kekurangan, Ia berharap ada koordinasi secara baik dengan pihaknya untuk dipertanggungjawabkan.

Saat penyerahan memori Pj Kades Boni. Hendrik Kanawadu. Mengatakan, saya hari ini kamis 11/03/2021 jam 12.00 wita menyerahkan semua aset Desa Boni, Memori Desa Boni dan didalamnya tertuang seluruh Aset dan pertanggungjawabanya kepada Kepala Desa periode 2021-2027 sesuai ketentuan yang berlaku. Jelas Hendrik Kanawadu yang telah dua kali menjadi Pj Kepala Desa Boni dan Sekretaris Desa Boni sudah lebih dari Tiga puluh tahun ini.

 

Camat. Loaholu Jemi O.Adu,SH dalam sambuatannya. Ia menghimbau kepada semua pihak masyarakat Desa Boni, Tentunya dalam proses demokrasi melalui perhelatan pemilihan kepala Desa Boni pada waktu yang lalu tidak tertutup kemungkinan masih  meninggalkan ketidak nyamanan di tengah masyarakat, tetapi harapan saya sejak tanggal 19/12/2020 kita sudah tinggalkan perbedaan politik itu.

Saya berharap tidak ada lagi perbedaan perbedaan diantara kita satu dengan yang lain dalam ikatan keluarga besar Desa Boni dan sebagai saudara – bersaudara. Mari kita sama – sama bergandeng tangan  membangun Desa Boni yang lebih baik lagi karena saya tau dalam hal birokrasi pemerintahan Desa Boni selama ini sangat baik.

Camat Jemi Adu juga menyampaikan terima kasih kepada Pj Kades Boni Hendrik Kanawadu yang sudah bekerja dengan baik. kemudian di sampaikan ucapan selamat kepada Kades difinitif.

Selanjutnya Ia juga mengatakan, Saat ini semua beban tugas pelayanan pembangunan dan kemasyarakatan ada di pundak Kades Boni sehingga tanpa dukungan dari masyarakat dan semua aparat dan BPD maka tentunya jalan roda pemerintahan desa menjadi terhambat. Tandas Jemi Adu.

Serah terima Jabatan Kepala Desa Boni periode 2021-2027 ditandai dengan penanda tanganan Berita Acara oleh Pj Kepala Desa Boni Hendrik Kanawadu dan Kepala Desa Dominggus Fanggi,SH di saksikan oleh Camat Loaholu Jemi O. Adu,SH.
Hadir dalam acara tersebut Sekretaris Camat dan Kasipem Kecamatan Loaholu bersama staf, Bhabinkamtibmas Desa, Bhabinsa Desa dari Kodim 1627/RN, Ketua BPD dan Anggota, Perangkat Desa dan perwakilan para Tokoh masyarakat lainnya.(memo/boby)

 

Pos terkait