Kementerian Kelautan dan LSM Pusat Informasi Lingkungan Indonesia Bentuk Kelompok Nelayan Desa Oelua.

  • Whatsapp

ROTE NDAO, pena-emas.com. Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Direktorat Perizinan dan Kenelayanan, Direktorat Jenderal Perikanan Tangkap Bekerja sama dengan LSM Pusat Informasi Lingkungan Indonesia(PILI) kembali mengadakan program pemberdayaan nelayan.

Program pemberdayaan melalui kegiatan pengembangan usaha nelayan di Kabupaten Rote Ndao, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan motivasi, inovasi, keterampilan, kompetensi dan manajemen usaha penangkapan ikan, dan produksi hasil tangkapqn dan hasil Budidaya Rumput Laut,

Desa Oelua Kecamatan Loaholu menjadi salah satu sasaran program tersebut

Demikian hal ini disampaikan Demsy Y.Henuk,S.Pi. Penyuluh KKP Kab Rote Ndao, Sabtu (29/02/2021).belum lama ini di aula Kantor Desa Oelua.

Tim Penyuluh KKP Kab Rote Ndao, Demsy Y.Henuk,S.Pi., mengatakan
Program pemberdayaan nelayan. Selain bertujuan meningkatkan motivasi, inovasi, keterampilan, kompetensi dan manajemen usaha penangkapan ikan, dan produksi hasil tangkapqn dan hasil Budidaya Rumput Laut, juga untuk membuka wawasan kelompok tentang alternatif penjualan hasil tangkapan atau produk perikanan bernilai tambah.

Menurut Demsy Henukh, Akibat pandemi global Covid-19, nelayan kecil dan produksi mikro di desa Oelua, menjadi komunitas yang paling terdampak.

Dampak yang paling dirasakan adalah harga ikan yang turun drastis,serta haga Rumput laut pun menurun drastis, meskipun hasil tangkapan stabil.

Kondisi ini tidak sebanding dengan tenaga yang dikeluarkan dan biaya operasional yang tinggi, sehingga dengan adanya acara ini sangat membantu para nelayan dan kelompok produksi Rumput laut meningkatkan

Selanjutnya dijelaskan pula, kegiatan ini tentunya tidak lepas dari kerja sama berbagai pihak agar dapat terus berkelanjutan untuk meningkatkan kapasitas usaha nelayan pada masa pandemi Covid-19.

Sementara Koordinator LSM PILI. Berliansa N.Kurniawan. mengatakan
Pengukuhan kelompok Kerja dan penyerahan SK ini di berharap agar ada dukungan dari Pihak pemerintah Desa, Kecamatn Loaholu dan KKP Rote Ndao.

Program produksi dan tangkapan Nelayan Tangkap (KUB) dan kelompok Pengolah hasil perikanan dan pengolah Rumput Laut telah terbentuk di dua Desa di Kab Rote Ndao,yakni Desa Sotimori Kec Landuleko dan Desa Oelua Kec Loabolu. Jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut. Masyono S.Dano, S.pd. Sekcam
kecamatan Loaholu, mengatakan Pemerintah sangat mendukung program ini untuk meningkatkan ekonomi masyarakt pesisir.

Sementara PJ Desa Oelua Jermias P.Dethan. menegaskan, Pihak Pemetintah Desa akan memantau terus kegiatan ini sampai berhasil.

Ia juga berharap jangan hanya bentuk kelompok tapi semua berjalan di tempat. Katanya. (maksi)

Pos terkait